5 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Untirta

Meskipun penerimaan mahasiswa baru masih cukup lama, akan tetapi sudah sebaiknya dari jauh-jauh hari kita mempersiapkan diri agar dapat masuk ke PTN yang kita damba-dambakan. Tentu saja selain karena jurusannya kita juga harus memilih dengan baik kampus yang terbaik untuk kita.

Seperti yang telah kita ketahui, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau lebih akrab disapa Untirta, merupakan satu-satunya PTN terbaik yang ada di Indonesia Banten. Pesona yang di tawarkannya memang sungguh luar biasa—selain karena kampus peradaban, tata wilayahnya juga begitu ciamik karena bisa membuat kita menjadi lebih dekat dengan mahasiswa-mahasiswa di fakultas lain. Bayangkan kalau kuliah di UI yang luasnya 320 hektar, dijamin kamu bakal sedikit teman antar fakultasnya—atau sekedar papasan sama pujaan hati. Owowoo.

Namun sayang, walaupun Untirta ini sangat kece, di luar sana, masih banyak orang-orang yang memandang sebelah mata terhadap Untirta. Mereka menyia-nyiakan emas yang ada di depannya. Meski begitu, banyak alasan yang cukup kuat untuk kita agar memilih Untirta dan membuang jauh-jauh UGM, UI, ITB, Unpad atau kampus lainnya di tong sampah.

Hmm, apa saja kah itu?

1. Di Paksa Orang Tua

Dalam rencana kuliah selama 4 tahun, ingatlah bahwa hal terpenting yang harus di pikirkan terlebih dahulu adalah modal. Artinya persoalan hidup dan mati ketika kuliah. Jika kamu ngebet ingin kuliah di kampus lain sedangkan pemilik modal terbesar dalam hidup Mu tidak merestuinya, maka siapkan diri Mu untuk tersiksa di kampus tersebut karena orang tua Mu akan segera mencabut sumber penghasilan utama Mu. Harigini mau kuliah tapi gak punya duit? Ngehimpii.

2. Ditolak Kampus Lain

Pada saat pemilihan tempat kuliah yang kamu tuju sebelum SNMPTN atau SBMPTN dilaksanakan mungkin Kamu sudah menempatkan kampus lain seperti UI, UGM, ITB atau Unpad yang sebenarnya kalah gengsi dari Untirta di pilihan pertama dan kedua, kemudian Untirta menyusul dibelakangnya. Namun sayang, keberadaan Mu ternyata tidak di inginkan oleh mereka. Kalau sudah begini mau bagaimana lagi? Setelah Kamu di campakan oleh kampus lain masa iya Kamu akan menolak kampus yang murah hati mau menerima Kamu.

3. Tidak Mau Kuliah di Jauh

Kalau Kamu tipikal anak yang belum mampu jauh dari orang tua dan tidak sanggup untuk merasakan bagaimana rasanya masak makanan sendiri, nyuci baju sendiri atau sakit mengurus diri sendiri maka hal yang paling logis yang dapat Kamu lakukan adalah memilih Untirta sebagai kampus dambaan hati.

4. Melihat Peluang

Dari beberapa alasan kenapa Kamu harus kuliah di Untirta, mungkin ini adalah alasan yang paling realistis dilakukan bagi pencari kuliah negeri—yang penting PTN. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa untuk melihat tingkat kesulitan masuk di sebuah PTN adalah dengan melihat passing grade di jurusan-jurusan yang tersedia di kampus tersebut. Nah, Untirta adalah satu-satunya kampus kece (yang sebenarnya lebih kece dari UI, UGM, ITB atau Unpad) namun memiliki passing grade yang cukup ekonomis. Jadi masih bisa terjangkaulah.

5. Tidak Bisa Keluar dari Untirta

Walaupun Kamu sudah coba berkali-kali untuk ikut SBMPTN lagi atau bahkan ikut Seleksi Masuk Mandiri di setiap universitas dambaan hati Mu, kalau mereka tetap tidak menginginkan keberadaan Mu ya sudah, artinya memang Kamu ditakdirkan untuk tetap kuliah di Untirta. Sakit memang, Cuma ya mikir juga, ketika kapasitas otak yang ada di kepala Mu dan dompet Mu pas-pasan jangan berharap hal yang lebih. Fakta ini, walaupun menyedihkan dan menyayat hati.

Tapi tenang saja, masih banyak yang senasib dengan Mu, kok. Contohnya Saya yang sudah ditolak Unair satu kali, Unpad satu kali dan UI dua kali. Saya masih bisa hidup di Untirta—walaupun setiap hari harus menghadapi nestapa. Uwuwuu.

 

Tags: , , ,

Related Article

No Related Article

0 Comments

Tinggalkan Balasan dan Mari Kita Berdiskusi

Kategori

  • Esai (17)
  • Resensi (2)
  • Sastra (8)
  • Tokoh (1)
  • Unique (2)
  • Akun Terkait

    INSTAGRAM

    YOUTUBE

    Kategori

  • Esai (17)
  • Resensi (2)
  • Sastra (8)
  • Tokoh (1)
  • Unique (2)
  • Akun Terkait

    INSTAGRAM

    YOUTUBE